Riekha Pricilia

Perempuan, 21 Tahun

Riau, Indonesia

Tiga sifat manusia yang merusak adalah : kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. <div style='background-color: none transparent;'></div>
::
PLAY
Faceblog-Riekha
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Minggu, 09 Juni 2013

Tanpa agama, apa landasan moral ateis?

Tanpa agama, apa landasan moral ateis?


Landasan moral dapat berasal dari mana saja. Tidak perlu agama untuk sekedar mengetahui bahwa membunuh dan merampok itu tidak baik. Segala yang kruisal tertuang dalam hukum. Hukum dibuat oleh manusia dengan konsekuensi nyata. Bukan ancaman neraka. Agama dapat berfungsi cukup baik ketika hukum manusia tidak dapat dilaksanakan. Kita perlu sesuatu untuk ‘menakut nakuti’ manusia agar berbuat baik. Kita perlu hukuman imajiner bahwa sesuatu selalu mengawasi kita dan akan menghukum kita setelah mati kelak. Itulah ketika agama berperan sebagai white lie. Kebohongan untuk membuat orang berbuat baik. Namun apakah surga, neraka, pahala, dosa, malaikat pencatat amal perbuatan itu benar benar ada?
Dalam konteks atheisme dan humanisme ada istilah golden rule, dengan variasinya seperti silver rule atau platinum rule yang kurang lebih berbunyi sebagai berikut: “Perlakukan orang lain sebagaimana kamu ingin diperlakukan.” Jika ini diberlakukan saja, maka tidak akan ada pembunuhan, perampokan, bahkan bom bunuh diri yang melukai banyak orang.

0 Komentar: