Riekha Pricilia

Perempuan, 21 Tahun

Riau, Indonesia

Tiga sifat manusia yang merusak adalah : kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. <div style='background-color: none transparent;'></div>
::
PLAY
Faceblog-Riekha
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Jumat, 18 November 2011

Tes Minatr Bakat


Mengapa menggunakan Self-Interest Inventory? Terdapat berbagai dalih yang menguatkan penggunaan Self-Interest Inventory, diantaranya bahwa pribadinya sendiri yang mengetahui ketertarikan dan minat pribadi terhadap sesuatu yang ada di lingkungan sekitar. Selain itu ketertarikan merupakan faktor yang lebih dominan seseorang akan melakukan sesuatu dibandingkan inner talent yang bagi yang bersangkutan saja tidak mengetahui suatu bakat apa yang dimiliki dalam dirinya.
Terdapat teknik dalam mengukur ketertarikan atau interest, yaitu:
  • Mengekspresikan ketertarikan; apa yang individu sebutkan dalam ketertarikannya.
  • Manifestasi ketertarikan; apa yang individu amati dan kerjakan.
  • Tes; apa yang diketahui individu tentang berbagai bidang pekerjaan.
  • Interest Inventory; apa yang terindikasi nilai ketertarikan dan minatnya.
Tes Minat dan Ketertarikan ini didasarkan dari kode Holland mengenai 6 kategori dasar tipologi pribadi dan lingkungan.
Kode tersebut seringkali diistilahkan sebagai Akronim RIASEC.

Enam kategori dasar tersebut adalah:
  • Realistic; menyukai pekerjaan realistis seperti mekanik otomotif dan diterangkan sebagai figur yang sedikit bersosialisasi, penurut, terbuka, kurang fleksibel dan tekun.
  • Investigative; menyukai pekerjaan investigatif seperti peneliti biologi, kimia, antropologi dll dengan figur yang bercirikan analitis, ingin tahu, hati-hati, berpikir kompleks, ketepatan adalah penting dan tidak perlu menonjolkan diri.
  • Artistic; menyukai pekerjaan seni seperti komposer, musikus, penulis, aktor atau aktris dan dicirikan sebagai pribadi yang kompleks, emosional, ekspresif, daya imaginasi tinggi, impulsif dan kurang dapat berkonformitas.
  • Social; menyukai pekerjaan yang melibatkan sosialisasi seperti guru, konselor, psikolog, public relation dan dicirikan sebagai pekerjasama, empatik, bersahabat, mudah membantu, sabar dan bertanggung jawab secara sosial.
  • Enterprising; menyukai pekerjaan kreatif, inovatif dan menghibur seperti penjual, manajer, usahawan dan diterangkan sebagai petualang, ambisius, dominan, energetik dan terbuka secara pribadi.
Realistic (R)
Orang dengan karir realistic seperti mekanik, ATC (air traffic controller), surveyor, ahli elektronik dan petani. Tipe R biasanya memiliki keahlian atletik atau mekanik dan menyukai kegiatan luar ruangan dengan peralatan atau mesin.
Lebih menyenangi bekerja dengan alat daripada dengan orang lain, diterangkan sebagai pribadi yang mudah menyesuaikan diri, tenang, orisinal, teguh dalam pendirian, sabar, tenang, alami, gigih, praktis, pemalu dan cenderung hati-hati.
Investigative (I)
Orang dengan karir investigatif seperti ahli biologi, kimia, fisika, geologi, laboratorium dan penelitian termasuk teknisi medis. Tipe I biasanya memiliki keahlian sains dan matematika, menyukai kesendirian dalam pekerjaan maupun memecahkan masalah. Tipe I menyukai eksplorasi dan berusaha memahami sesuatu atau kejadian dibandingkan memaksakan sesuatu kepada orang lain.
Tipe I diterangkan sebagai pribadi yang analitis, hati-hati, cenderung kompleks, kritis, ingin tahu tinggi, independen, intelektual, tertutup, metodologis atau prosedural, sopan, pesimis, ketepatan, menggunakan rasio dan tertutup.
Artistic (A)
Orang dengan tipe Artistik seperti composer, musisi, pengarah panggung, penari, decorator, aktor atau aktris dan penulis. Biasanya tipe A memiliki keahlian seni, menyenangi pekerjaan orisinal dan memiliki imajinasi tinggi. Tipe A menyukai pekerjaan yang mengandung unsur ide kreativitas dan ekspresi diri daripada keteraturan atau rutinitas.
Pribadi dapat diterangkan sebagai gambaran rumit, kurang teratur, emosional, ekspresif, idealistik, menghkhayal, tidak praktis, impulsif, mandiri, introspektif, intuitif, sulit akur, terbuka dan original.
Social (S)
Tipe karir sosial seperti guru, terapis, pekerja religius, konselor, psikolog, perawat. Tipe S biasanya menyenangi keberadaan diri dalam sosial, tertarik bagaimana bergaul dengan situasi sosial dan suka membantu permasalahan orang lain.
Pribadi S diterangkan sebagai terbuka, bekerjasama, ramah, sopan, ringan tangan untuk membantu, sabar, tanggap secara sosial, simpatik, hangat dan mudah memahami.
Enterprising (E)
Karir enterprising seperti pedagang, pialang, promotor, produser acara, eksekutif dalam dunia bisnis, penjual, supervisor dan manajer. Tipe E biasanya memiliki jiwa kepemimpinan, kemampuan berbicara di depan umum, tertarik dengan uang dan politik dan senang untuk mempengaruhi orang lain. Secara pribadi suka mempengaruhi secara langsung, petualang, ambisius, menyenangi perhatian, dominasi, energik, terbuka, impulsif, optimistis, mencari kesenangan, popularitas, kepercayaan diri dan berjiwa sosial.
Conventional (C)
Orang dengan karir conventional seperti analis keuangan, pegawai perpustakaan, banking, ahli pajak, sekretaris, korespondensi, akunting. Tipe C memiliki keahlian klerikal dan matematika, menyukai pekerjaan dalam ruang dan mengelola sesuatu agar rapi. Tipe C ini secara pribadi menyukai rutinitas yang teratur, bekerja sesuai standar jelas, menghindari pekerjaan yang kurang jelas. Pribadi senang dengan kepatuhan, kesadaran, kehati-hatian, efisiensi, sesuai aturan, tetap dan konstan.
Bagaimana dengan enam kategori, Sama atau Berbeda?
Enam sisi yang diistilahkan sebagai heksagonal digunakan untuk menunjukkan kesamaan dan perbedaan pada enam tipe/ kategori tersebut. Tipe-tipe yang bersebelahan adalah kemiripan dan seperti pada gambar, sedangkan semakin jauh jarak sisi maka menunjukkan perbedaan yang semakin jelas. Seperti contoh, Realistic dan Investigative memiliki kemiripan akan tetapi realistic dan Social lebih menunjukkan perbedaan karakteristik.
disadur dari berbagai sumber, antara lain:
  • http://www.afhs.ab.ca/
  • http://www.agsedm.edmonton.ab.ca/
  • http://www.familysearch.org/eng/Library/FHC/frameset_fhc.asp
  • http://www.genealogyunlimited.com/obee/links/west.htm
  • http://www.infobel.com/world/default.asp
  • http://www.collectionscanada.ca/
  • http://www.cd.gov.ab.ca/preserving/paa_2002/index.asp
  • http://www.elsevier.com
  • http://www.sagepub.com

0 Komentar: