Riekha Pricilia

Perempuan, 21 Tahun

Riau, Indonesia

Tiga sifat manusia yang merusak adalah : kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. <div style='background-color: none transparent;'></div>
::
PLAY
Faceblog-Riekha
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Minggu, 24 April 2011

Sejarah Terbentuk nya Fakultas Psikologi

Sejarah Jurusan Psikologi Cetak
Ditulis oleh Administrator
Senin, 29 September 2008 05:27



Seiring dengan perkembangan ekonomi dan kemajuan ilmu pengetahuan serta teknologi yang begitu pesat, maka pertumbuhan kesempatan kerja di era globalisasi saat ini membutuhkan tenaga kerja yang memiliki tingkat keahlian yang tinggi. Peminatan pasar kerja yang semakin besar terhadap sumber dayamanusia yang berkualitas dan berkompetensi dengan tingkat keahlian yang tinggi merupakan suatu tantangan bagi perguruan tinggi untuk mengahsilkan sarjana professional serta memiliki potensi dan kompetensi berkeahlian tinggi, peka dan tanggap terhadap perubahan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi sehingga mampu mengisi peluang kerja yang tersedia

Universitas Brawijaya melalui Program Ilmu Sosial (sekarang Fakultas Ilmu Sosial) berupaya menjawab tantangan tersebut. Diawali dengan keinginan dari Ketua Program Ilmu Sosial untuk membuka Program Studi Psikologi sebagai program studi baru di Program Ilmu Sosial, maka dibentuk tim penyusun proposal pendirian Program studi psikologi yang mulai bekerja pada bulan Juli 2005. Pada bulan Oktober 2005 proposal Program Studi Psikologi dapat diselesaikan dan diserahkan ke pembantu Rektor I oleh Ketua Program Ilmu Sosial untuk diteruskan ke Rektor dan dikirimkan ke DIKTI guna memperoleh SK persetujuan pendirian Program Studi Psikologi. Namun ternyata Rektor belum berkenan membuka Program Studi Psikologi dengan alasan belum ada ruang untuk perkuliahan.

Dengan adanya pergantian Rektor lama ke Rektor baru, Ketua Program Ilmu Sosial berkeinginan meneruskan pembukaan Program Studi Psikologi. Pada bulan Mei 2006, proposal pendirian Program Studi Psikologi ditandatangani dan dikirimkan Rektor ke DIKTI. Proposal pendirian Program Studi Psikologi kemudian mendapat pertimbangan persetujuan oleh DIKTI dengan surat keputusan No. 1755/D2.2/2006 tertanggal 22 Agustus 2006 dengan perbaikan proposal sesuai dengan ketentuan DIKTI.

Setelah proposal direvisi oleh tim penyusun, pada September 2006 proposal dikirim kembali ke DIKTI. Selanjutnya pada 4 Nopember 2006 proposal Program Studi Psikologi diminta untuk dilengkapi dengan kualifikasi dosen berpendidikan S2 dan penjelasan tentang kompetensi lulusan. Kemudian proposal Program Studi Psikologi diperbaiki lagi dan dikirimkan kembali ke DIKTI, selanjutnya memperoleh Surat Keputusan dari DIKTI dengan SK. No. 2440/D2.2/ 2006 tanggal 30 Nopember 2006 serta dihimbau untuk melengkapi surat ijin pembukaan Program Studi Psikologi oleh lembaga profesional psikologi HIMPSI.
Surat rekomendasi dari HIMPSI No. 001/PP-HIMPSI/2007 menandai Program Studi Psikologi layak dibuka di Universitas Brawijaya serta ijin penyelenggaraan Program Studi Psikologi berdasarkan SK. Dikti Nomor. 1504/D/T/2007tertanggal 22 juli 2007.

0 Komentar: