Membaca adalah proses untuk memperoleh pengertian dari kombinasi
beberapa huruf dan kata.Menurut Juel (1988) mengartikan bahwa membaca
adalah proses untuk mengenal kata dan memadukan arti kata dalam kalimat
dan struktur bacaan. Hasil akhir dari proses membaca adalah seseorang
mampu membuat intisari dari bacaan. Berdasar pendapat di atas maka dapat
disimpulkan bahwa minat membaca adalah kekuatan yang mendorong anak
untuk memperhatikan, merasa tertarik dan senang terhadap aktivitas
membaca sehingga mereka mau melakukan aktivitas membaca dengan kemauan
sendiri. Aspek minat membaca meliputi kesenangan membaca, frekuensi
membaca dan kesadaran akan manfaat membaca.
Minat membaca perlu ditanamkan dan ditumbuhkan sejak anak tetapi hal ini
semua tidak dapat terlepas dari peran orang tua dalam menumbuhkan minat
baca anak. Pentingnya pedidikan keluarga merupakan konsekuwensi rasa
tanggung jawab orang tua terhadap anaknya, didalam keluarga anak mulai
mengenal hidupnya hal ini perlu disadari bahwa anak dilahirkan dalam
lingkungan keluarga tumbuh dan berkembangnya hingga anak melepaskan diri
dari keluarga oleh karena itu begitu besarnya pengaruh orang tua
terhadap anaknya maka dalam hal ini merangsang minat baca anak – anak
sebagai upaya untuk melatih membaca sejak dini.
Pada dasarnya setiap bayi yang dilahirkan didunui memiliki potensi yang
dapat tumbuh dan berkembang dengan baik,dan setiap anak mampu
memaksimalkan potensinya dengan cara yang sangat personal tetapi ini
semua memerlukan perhatian agar potensi yang dimiliki anak dapat
berkembang secar baik. Penanaman membaca sejak dini sebagai wujud
investasi agar anak menjadikan anak untuk lebih baik adalah idaman
setiap orang tua , anak ibarat setangkai bunga akan tumbuh secara
sempurna jika di tanam pada tempat yang tepat, terawat dengan baik dan
penuh kasih sayang begitu pula anak akan dapat tumbuh dan berkembang
secara baik apabila diberi perhatian dari orang tua .
Apakah metode yang dipakai menggunakan kekerasan?
Cara orang tua dalam mendidik anaknya merupakan factor yang menentukan
bagi keberhasilan proses belajarnya sebab Dalam proses pengajaaran
setidaknya, tidak menggunakan unsur pemaksaan dan kekerasan hal ini
dapat mengakibatkan anak- anak akan enggan untuk belajar dan akan benci
terhadap bacaan. Dalam mengajarinya orang tua dapat menggunkan cara
yang dinilai edukatif misalnya sambil bermain anak di ajari membaca ini
akan lebih baik dan lebih menyenangkan.
Mendidik anak terlalu keras, memaksa anak untuk belajar dan tanpa
memperhatikan faktor-faktor yang ada adalah cara mendidik anak yang
salah hal ini dapat menjadikan anak malah ketakutan disebabkan
tekanan tersebut. Orang tua harus mengetahui kapan anak waktunya
dididik dengan kekerasan dan kapan waktunya dididik dengan lamah
lembut dan penuh kasih sayang. Diera perkembangan ilmu pengetahuan
dan teknologi semakin maju dan berkembang pesat sehingga adanya
perkembangan dan kemajuan tersebut menimbulkan dampak bagi
pertumbuhan dan perkembangan anak, baik segi positif maupun negatif.
Misalnya kita akan mengajarai tentang huruf lepas contohnya huruf” B”
huruf yang memiliki dua perut besar, berbeda lagi dengan huruf “D” yang
memiliki satu perut ini hanya contoh tentunya orang tua untuk lebih
kreatif dalam mengajarkannya membaca agar anak mudah memahaminya. Akan
tetapi usaha yang dilakukan tidak barhenti sampai disini ada faktor lain
yang cukup berperan Lalu adakah sumber penunjang di rumah?
Saat ini hampir setiap rumah memiliki bacaan baik di peroleh melalui
pinjam maupun milik sendirioleh karena itu sejatinya untuk menumbuh
kembangkan minat membaca ini tidak dapat terlepas dari tersedianya
bahan bacaan dirumah seperti buku, Koran, majalah, komik. Minat membaca
tidak tumbuh secara otomatis hal ini perlu dirangsang agar dapat
tumbuh secara baik. Minat belajar anak sangat penting dalam proses
pembelajaran dari dalam minat memiliki pengaruah cukup besar dalam
belajarnya. aktivitas membaca akan dilakukan oleh anak atau tidak sangat
ditentukan oleh minat anak terhadap aktivitas tersebut. Di sini nampak
bahwa minat merupakan motivator yang kuat untuk melakukan suatu
aktivitas.
Secara umum minat dapat diartikan sebagai suatu kecenderungan yang
menyebabkan seseorang berusaha untuk mencari ataupun mencoba
aktivitas-aktivitas dalam bidang tertentu. Minat juga diartikan sebagai
sikap positif anak terhadap aspek-aspek lingkungan. Ada juga yang
mengartikan minat sebagai kecenderungan yang tetap untuk memperhatikan
dan menikmati suatu aktivitas disertai dengan rasa senang Membaca akan
dapat menarik apabila orang tua memahami minat anaknya apabila diliat
dari tersedianya sumber bacaan di rumah, .merangsang minat baca anak
sebagai bentuk yang memiliki filter berfikir yang baik dengan demikian
anak tidak mudah terbawa oleh arus yang tidak jelas lalu yang menjadi
pertanyaan adakah buku bacaan yang sesuia kebutuan anak-anak ? dengan
tersedianya buku bacaan khusus yang sesuai dengan minat anak maka ini
akan mempermudah anak dalam belajarnya dan memiliki pengaruh yang
cukup besar terhadap perkembangannya.
Minat membaca perlu ditanamkan dan ditumbuhkan sejak anak masih kecil
sebab minat membaca pada anak tidak akan terbentuk dengan sendirinya,
tetapi sangat dipengaruhi oleh stimulus yang diperoleh dari lingkungan
tempatnya berinteraksi anak tersebut. Keluarga merupakan lingkungan
paling awal dan dominan dalam menanamkan, menumbuhkan dan membina minat
membaca anak. Orang tua perlu menanamkan kesadaran akan pentingnya
membaca dalam kehidupan manusia untuk itu orang tua dapat menjadikan
dirinya teladan bagi anaknya hal ini agar ada keterkaitan antara
penanaman membaca hal ini untuk menatap masa depan yang lebih baik.
Dari : Anwar Sultoni
E-mail: anwar.sultoni@yahoo.com
Judul Asli : Perlunya Merangsang Minat Baca Anak
sumber:http://syadiashare.com
0 Komentar: