Riekha Pricilia

Perempuan, 21 Tahun

Riau, Indonesia

Tiga sifat manusia yang merusak adalah : kikir yang dituruti, hawa nafsu yang diikuti, serta sifat mengagumi diri sendiri yang berlebihan. <div style='background-color: none transparent;'></div>
::
PLAY
Faceblog-Riekha
Shutdown

Navbar3

Search This Blog

Kamis, 10 November 2011

Pesan Idul Adha Untuk Kita


idul-adha1
Idul Adha bagi umat muslim diartikan sebagai bentuk rasa kasih sayang terhadap sesama dengan cara berkurban apa yang kita punya. Bukankah Allah SWT senantiasa menyuruh kita untuk senantisa rela berkorban untuk orang lain. Selain  itu kenapa disebut dengan bulan Haji, karena Allah juga memerintahkan buat kita yang mampu untuk menuanaikan rukun islam yang ke lima yakni berangkat Haji bagi yang mampu.  
Ritual berkurban sendiri bukanlah semata-mata karena pamer atau apa, namun lebih ke yang namanya ikhlas. Bagi kita yang memiliki rizki lebih diwajibkan oleh Allah SWT untuk berkurban.Idul Adha ini tidak lepas dengan kisah yang diriwayatkan oleh Nabi Ibrahim As. Dalam konteks ini Ibrahim bermimpi untuk menyembelih anaknya, merupakan satu ujian terberat dari Allah. Dimana Allah senantiasa menguji keimanan Ibrahim terhadapnya bagaimana ketakwaannya dan keikhlasannya. Namun akhirnya Allah mengetahui bahwa Ibrahim rela melakukan hal tersebut sampai akhirnya Allah mengganti dengan seekor kambing yang disembelihnya”, Subhanallah disini kita bisa melihat bahwa pesan simbolik ini merupakan kasih sayang tuhan kepada kita semua.
Ada 2 pesan yang dapat kita petik dari Idul Adha ini Adalah :
Menguji ketakwaan kita
Setiap orang yang dikatakan takwa pasti harus diuji dulu ketakwaannya. Nah Idul Adha itu menguji ketakwaan setiap hamba Allah untuk senantiasa rela memberikan harta, jiwa dan raga yang di punya semata-mata karena Allah SWT.
Kepedulian sesama
Disini kita bisa belajar caranya bagaimana melihat kesusahan orang lain, rela berkorban atas apa yang kita punya tanpa mengharapkan imbalan apapun dari orang lain selain pahala dari Allah SWT. Kita juga bisa belajar bagaimana membagi kebahagian kita kepada orang banyak dengan cara berkurban.
Makna idul adha sendiri banyak konteksnya terutama bagaimana kita bisa mendefinisikan lebih ke kepedulian sosial dan kepedulian antar sesama. Berapa banyak dan besarnya jumlah hewan kurban yang kita kurbankan itu tidak terlepas dengan keikhlasan. Mumpung  masih ada waktu untuk menyambut Idul Adha bagi anda yang punya rezeki lebih  tidak ada salahnya untuk menyedekahkan sebagian rezekinya untuk berkurban kambing, kerbau, sapi ataupun onta.
“ SELAMAT HARA RAYA IDUL ADHA 1432 Hijriah “
 kartu-idul-adha

0 Komentar: